Selasa, 05 April 2011

budaya dan potensi wisata di kabupaten muna

Muna adalah suatu daerah yg terletak di kendari sulawesi tenggara, sebenarnya banyak hal yang pantas di banggakan pualu muna mereka selalu menjaga dan memegang kuat kebudayaan yang di turunkan nenek moyang mereka secara turun temurun contohnya seperti:
Tradisi karia maksud dari tradisi karia itu adalah setiap anak perempuan atau gadis yang akan memasuki usia remaja diwajibkan menjalani tradisi pingitan (Karia) selama empat hari empat malam atau dua hari dua malam, tergantung kesepakatan antara penyelenggara Karia dengan pomantoto. Tradisi ini di tuujukan untuk membekali anak-anak perempuan dengan nilai-nilai etika, moral dan spiritual, baik statusnya sebagai seorang anak perempuan, ibu, istri maupun sebagai anggota masyarakat. Seusuai proses pingitan, diadakan acara selamatan dengan mengundang keluarga, kerabat. Dalam prosesi selamatan ini digelar Tari Linda yang menggambarkan tahap-tahap kehidupan seorang perempuan mulai dari melepaskan masa kanak-kanak lalu memasuki masa remaja, kemudian masa dewasa dan siap untuk mengarungi bahtera rumah tangga.
Tradisi Kapogiraha adhara atau aduan kuda maksud dan tujuan dari tradisi ini adalahmenggambarkan betapa pentingnya kuda dalam kehidupan orang Muna Makna Aduan kuda ini adalah mencerminkan kekuatan dan keuletan dalam melaksanakan tugas, kewajiban yang diamanatkan sekalipun dengan mempertaruhkan jiwa dan raga. dan pada Jaman Kerajaan di Muna , adu kuda ini selau dipertontongkan kepada tamu tamu kerajaan
Tradsi burusino langka (ziarah kubur) prosesi ini biasa di lakukan sebelum dan sesudah hari raya idul fitri dan idul adha, sekedar informasi masyarakat muna mayoritas agama islam tujuan dari prosesi burusino langka(ziarah kubur) yaitu untuk mendoakan sanak keluarga yang telah meningal dunia agar dosa dosanya selama hidup di dunia di ampuni dan bisa di terima di sisi ALLAH SWT juga bertujuan agar tradisi ini selalu terjaga dan di lestarikan terus oleh anak cucu mereka kelak.

Selain kaya akan budaya muna juga kaya akan potensi wisata,sebenarya muna kaya akan potensi wisata dan tidak kalah dari bali atau daerah wisata terkenal di indonesia,hanya saja masih kurangnya perhantian pemerintah atas potensi wisata yang ada di muna.
pulau muna memeliki daerah wisata sangat banyak seperti:
Danau Napabale, Danau Napabale terletak di kaki bukit, dihubungkan ke laut melalui sebuah terowongan alami. Pada saat air laut surut para pengunjung dapat melintasi terowongan tsb. Namun apabila air laut sedang pasang sangat berbahaya untuk berenang karena air laut akan naik sampai ketinggian setengah meter di atas terowongan alam tsb. Danau Napabale tsb. letaknya ± 15 Km dari Raha ibukota Muna
pantai walengkabola, Pantai Walengkabola merupakan pantai berpasir putih yang tidak hanya ramai pada hari lebaran. Namun juga pada hari Minggu ramai dikunjungi wisatawan lokal dari kecamatan sekitarnya termasuk beberapa kecamatan di Kabupaten Buton yang masih daratan Pulau Muna.
Mesjid Agung Muna pada hari H sangat diminati pengunjung, diperkirakan 2.000 pengunjung berziarah atau berdoa dalam mesjid. Ada juga pengunjung yang mendatangi dan mencoba memetik kembang Kuntu Kowuna (batu berbunga) yang terletak tidak jauh dari mesjid dan konon mengandung mistik.
Danau Motanunu, Danau Motonunu merupakan danau yang jernih dan berwarna biru tua, danau ini juga berhubungan dengan laut dan airnya tidak mengandung garam tapi dapat menyegarkan badan Motonunu terletak ± 15 Km dari Muna
Danau Permandian Fotuno Rete dan beberapa obyek wisata di Kecamatan Tongkuno termasuk Pantai Walengkabola merupakan tempat yang paling sering dikunjungi wisatawan lokal dari Lombe dan beberapa kecamatan lain di kabupaten Buton yang masuk daratan Pulau Muna. Pasalnya daerah tersebut dapat dijangkau dengan mudah dan jaraknya tidak jauh dari Desa Lakapera (Buton) perbatasan Kabupaten Buton dan Kabupaten Muna.
Untuk mencapai Pulau Muna, anda bisa melalui jalan laut selama dua jam dari Kota Kendari atau 1 jam dari Bau-bau dengan berkendaraan speed boat. tiba di kota Raha.

1 komentar:

  1. punya artikel gak yang menbahas secara keseluruhan mengenai budaya muna... tlg yahh...aku butuh sekali untuk kepentingan tugas kuliahh.. makasihh sebelumnya...!!!

    BalasHapus